Ada Advokat Ikut Kena OTT dalam Kasus Suap Jaksa, Siapa Dia?, Selamat Datang Di Situs  Pengadilan Tinggi Medan
  INFORMASI >> 
 Untuk Melihat Keadaan Perkara Pengadilan Tinggi Medan Dapat Melalui Aplikasi SIPERKA          Selamat Datang Di Website Pengadilan Tinggi Medan          Selamat Kepada Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Medan Telah Meraih Akreditasi A Excelent dari Dirjen Badilum          Diinformasikan Sipp Banding Versi 3.2.0 Yang Resmi Diluncurkan Oleh Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 22 April 2019 disediakan layanan untuk Masyarakat agar dapat Melihat Perkara Bandingnya Melalui Alamat: https://banding.mahkamahagung.go.id          Acara Program Mentoring Berbasis Resiko (PROMENSISKO) oleh PPATK Deputi Bidang Pemberantasan          E-Penahanan adalah Inovasi Pengadilan Tinggi Medan Terbaru Yang Melibat 4 Instansi diwilayah Sumatera Utara (http://e-penahanan.pt-medan.go.id)          KPT hadiri Bimbingan dan Arahan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi          MOTTO PENGADILAN : "UNANG MARGABUS" UNggul, ANGgun, Melayani, Aman, Rapi, GAya, BUdaya, Syukur          Pembinaan Pelaksanaan Zona Integritas oleh Ketua RB MARI          Koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS)          Selamat Datang Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)          MA Umumkan Seleksi Penerimaan CPNS 2019          Verifikasi Fisik Pelamar CPNS Formasi Disabilitas          Mahkamah Agung Buka Lowongan 2.104 CPNS, Ini Formasinya          PT MEDAN MERAIH PREDIKAT WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK)          Seleksi Calon Anggota Komisi Yudisial Tahun 2020          PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON HAKIM AD HOC PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI TAHAP XIV          PEMILIHAN KEMBALI LOKASI UJIAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG RI FORMASI TAHUN 2019          LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN ANGGARAN TAHUN ANGGARAN 2021          PENGUMUMAN TENTANG PERINTAH MELAKSANAKAN TUGAS BAGI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG RI FORMASI TAHUN 2019        
Ada Advokat Ikut Kena OTT dalam Kasus Suap Jaksa, Siapa Dia?
Jul 19
06
 Jansen Terkelin   Artikel Hukum   557 kali dikunjungi
Ada Advokat Ikut Kena OTT dalam Kasus Suap Jaksa, Siapa Dia?

Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK beberapa hari lalu mengungkap keterlibatan jaksa Kejaksaan Tinggi Jakarta. KPK telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam dugaan suap tersebut. Salah seorang di antaranya, berinisial AS (diduga Alfin Suherman) berprofesi sebagai advokat.

AS dan seorang pengusaha berinisial SP (diduga Sendy Perico), dipersangkakan memberikan uang suap Rp200 juta kepada Asisten Pidana Umum Kejati DKI Jakarta Agus Winoto. Alfin, Sendy dan Agus kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Dua jaksa yang ikut dibawa ke KPK saat OTT diserahkan ke Kejaksaan Agung untuk ditangani.

Berkaitan dengan Alfin, tim KPK sudah melakukan penggeledahan ke kantor pengacara Alfin Suherman & Associates, Senin lalu. Dibutuhkan waktu tiga jam bagi penyidik untuk mencari jejak perkara di lokasi tersebut yaitu mulai Pukul 19.00 WIB, hingga 22.00 WIB.

"KPK lakukan penggeledahan di Kantor Advokat Alvin Suherman & Associates di Jakarta tadi malam dari pk19-22. Tim menyita sejumlah dokumen yang terkait dengan perkara pidana yang berjalan di PN Jakbar," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa (2/7).

Siapa sebenarnya Alfin Suherman? Hukumonline mencari informasi tentang sosok advokat ini dari berbagai sumber. Alvin disebut merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Trisakti angkatan 1989. Kemudian ia juga mengenyam pendidikan Notaris dan PPAT di salah satu universitas negeri. Selanjutnya ia melanjutkan kuliah hukum pasca sarjana di universitas swasta pada 2003.

Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti Rivai Kusumanegara mengaku telah mengecek nama yang bersangkutan, tetapi tidak ada yang mengenal nama Alfin Suherman pada angkatan 1989. Menurutnya ada kemungkinan tahun yang dimaksud merupakan tahun kelulusan Alfin, sementara pusat data yang dimiliki hanya berdasarkan tahun masuk kuliah.

"Kami sudah cek ke Angkatan 1989 termasuk pada Ketua Senat Angkatan '89, namun tidak ada yang mengenalnya. Sepertinya itu bukan tahun masuk, namun tahun lulusnya. Sedangkan database kami berdasarkan tahun masuk, sehingga kami masih mengurut per angkatan untuk memastikan apakah benar alumni FH Usakti," ujar Rivai.

Hukumonline juga telah meminta konfirmasi kepada organisasi advokat apakah Alfin merupakan anggotanya. Patra M. Zein perwakilan Peradi pimpinan Juniver Girsang mengatakan tidak mengikuti perkara ini. Dihubungi terpisah, Ketua Umum Peradi Rumah Bersama, Luhut MP Pangaribuan, mengatakan nama Alfin bukan merupakan anggotanya.

Sebaliknya, Sekjen Peradi Slipi Thomas Tampubolon mengakui bahwa nama Alfin tercatat sebagai anggota Peradi Slipi. "Terdaftar atas nama Alfin Suherman dari Peradi Jakarta Barat," ujar Thomas.

Thomas juga mengamini alamat kantor Alfin yang terdaftar di pusat data Peradi sama dengan lokasi yang digeledah tim KPK beberapa hari lalu yaitu di Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat.

Terkiat dengan status hukum yang bersangkutan, Thomas menyatakan hingga saat ini belum ada perwakilan Alfin yang menghubungi Peradi untuk meminta pendampingan. Meskipun begitu, Peradi Slipi mengaku siap memberikan bantuan dengan catatan ada permintaan tersebut.

Kemudian terkait adanya dugaan pelanggaran kode etik, Thomas juga sedang mengkaji hal tersebut. "Kami sedang mengumpulkan data terlebih dahulu," terangnya. (Sumber: http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5d1fea81b19d3/ada-advokat-ikut-kena-ott-dalam-kasus-suap-jaksa--siapa-dia)

 PENCARIAN DATA WEBSITE
KEADAAN PERKARA PERDATA
BULAN APR 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 0 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  APR 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 235 Perkara
 Putus 185 Perkara
 Sisa Akhir 50 Perkara
KEADAAN PERKARA PIDANA
BULAN APR 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 0 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  APR 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 617 Perkara
 Putus 558 Perkara
 Sisa Akhir 59 Perkara
KEADAAAN PERKARA TIPIKOR
BULAN APR 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 0 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  APR 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 11 Perkara
 Putus 11 Perkara
 Sisa Akhir 0 Perkara
 Detail Keadaan Perkara

 TAUTAN PERADILAN
 APLIKASI M.A.R.I
 STATISTIK PENGUNJUNG
  Hari Ini :   37,572 Orang
  Kemarin :   833 Orang
  Bulan Ini :   56,583 Orang
  Tahun Ini :   192,216 Orang
  Total :   1,128,109 Orang
 INFORMASI PENGUNJUNG
  IP Address :   3.238.240.197
  Sistem Operasi :   Unknown Platform
  Browser :  
 Situs Pengadilan Negeri Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Medan
Expor, impor, Community IT. Consultant, Software Development