KPK akan Miliki Ruang Khusus di Pengadilan Negeri Medan
, Selamat Datang Di Situs  Pengadilan Tinggi Medan
  INFORMASI >> 
 Untuk Melihat Keadaan Perkara Pengadilan Tinggi Medan Dapat Melalui Aplikasi SIPERKA          Selamat Datang Di Website Pengadilan Tinggi Medan          Selamat Kepada Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Medan Telah Meraih Akreditasi A Excelent dari Dirjen Badilum          Peringatan HUT MARI ke-74 Tahun 2019          Diinformasikan Sipp Banding Versi 3.2.0 Yang Resmi Diluncurkan Oleh Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 22 April 2019 disediakan layanan untuk Masyarakat agar dapat Melihat Perkara Bandingnya Melalui Alamat: https://banding.mahkamahagung.go.id          Teleconference Pimpinan Pengadilan Tinggi Medan dengan Ketua Pengadilan Negeri Tingkat Pertama          Acara Program Mentoring Berbasis Resiko (PROMENSISKO) oleh PPATK Deputi Bidang Pemberantasan          Upacara Pembukaan Pelaksanaan Lomba dalam rangka Memeriahkan HUT RI ke-74 tahun 2019          Peserta Pelatihan Pemantapan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim          Acara Pembinaan Monitoring dan Evaluasi UKPJB Aplikasi SPSE versi 4.3 dan Sirup Versi 2.3 di wilayah Sumatera Utara          Rapat Dinas Reguler Bulan Juli 2019          KPT hadiri Bimbingan dan Arahan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi          Rapat Kordinasi dengan Ketua Pengadilan Se-Sumatera Utara Juli 2019          MOTTO : "UNANG MARGABUS" UNggul, ANGgun, Melayani, Aman, Rapi, GAya, BUdaya, Syukur          Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah Advokat (PPKHI)          Pemotongan Hewan Kurban di lingkungan Pengadilan Tinggi Medan          Pembinaan Pelaksanaan Zona Integritas oleh Ketua RB MARI          Koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS)        
KPK akan Miliki Ruang Khusus di Pengadilan Negeri Medan
Aug 19
19
 Jansen Terkelin   Artikel Hukum   140 kali dikunjungi
KPK akan Miliki Ruang Khusus di Pengadilan Negeri Medan

Penampakan ruangan KPK yang berada di sebelah ruang sidang Cakra Utama Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Medan.


TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini memiliki ruang kerja khusus di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Medan.

Hal mengejutkan ini diketahui dari Humas Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin MH saat ditemui Tribun Medan di ruang barunya.

Humas yang sekaligus bertugas sebagai Hakim Niaga ini mengatakan adanya ruang khusus tersebut merupakan tindaklanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara KPK dengan Mahkamah Agung RI.

"MoU-nya ada di Mahkamah Agung, dan kita hanya menindaklanjutinya saja. Kemarin sekitar sebulan yang lalu sudah ada orang dari KPK datang ke sini membahas soal (ruangan) itu," ujar Jamaludin, Senin (19/8/2019)

Eks Hakim PN Padang ini menambahkan nantinya ruangan itu akan diisi segala perlengkapan petugas KPK untuk menunjang kinerja mereka, termasuk saat melakukan penuntutan dalam perkara-perkara yang mereka kerjakan di Pengadilan Negeri Medan.

Meski demikian, Jamaluddin enggan memastikan kapan perlengkapan dari KPK masuk ke PN Medan.

"Entah sore ini, atau besok tapi dalam waktu dekat perlengkapan mereka masuk ke sini, seperti alat perekam suara dan pengedap suara. Ada juga alat-alat yang lain," katanya.

"Makanya, kalian ini juga hati-hati di Pengadilan ini," ujarnya berkelakar.

Menindaklanjuti permintaan ruangan ini, Jamaluddin mengakui beberapa ruangan otomatis mengalami pergeseran. Bahkan ruangan KPK yang akan disiapkan bekas ruang Humas yang dihuninya beberapa hari yang lalu.

Ia pun mengaku hal tersebut termasuk normal terjadi di dalam tubuh pengadilan.

"Jadi KPK menempati ruangan saya. Dan saya pindah ke ruang Pengacara. Awalnya mereka minta ukuran 2x3 meter saja. Tapi kan gak mungkin seperti itu, makanya kita ajukan ruangan saya saja," jelasnya.

Disinggung apakah permintaan KPK tersebut bermaksud melemahkan atau mencurigai penegakkan hukum Pengadilan Negeri Medan, Jamaluddin membantahnya.

"Tidak ada itu. Malah kita bersyukur kita diawasi. Saya tegaskan, kedatangan mereka pun bukan untuk membuat kantor cabang, ya. Hanya sebatas ruangan saja untuk membantu kerja saat saat persidangan," cetusnya.

Amatan Tribun Medan, beberapa ruangan mengalami pergeseran. Beberapa ruangan tersebut diantaranya ruang Humas, ruang wartawan yang dipindah ke ruang ibu menyusui, yang mana ruang wartawan akan ditempat pengacara. Kemudian ruang ibu menyusui dipindah ke ruangan yang ada di dekat lobby.

Selain itu PN Medan juga membangun Media Center yang tepat bersebelahan dengan ruang Humas yang baru. (sumber:http://medan.tribunnews.com/2019/08/19/kpk-akan-miliki-ruang-khusus-di-pengadilan-negeri-medan?page=2)

 

 

 PENCARIAN DATA WEBSITE
KEADAAN PERKARA PERDATA
BULAN OKT 2019
 Sisa Lalu 128 Perkara
 Masuk 39 Perkara
 Putus 9 Perkara
 Sisa Akhir 158 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  OKT 2019
 Sisa Lalu 105 Perkara
 Masuk 831 Perkara
 Putus 700 Perkara
 Sisa Akhir 236 Perkara
KEADAAN PERKARA PIDANA
BULAN OKT 2019
 Sisa Lalu 194 Perkara
 Masuk 139 Perkara
 Putus 26 Perkara
 Sisa Akhir 307 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  OKT 2019
 Sisa Lalu 170 Perkara
 Masuk 2173 Perkara
 Putus 1849 Perkara
 Sisa Akhir 494 Perkara
KEADAAAN PERKARA TIPIKOR
BULAN OKT 2019
 Sisa Lalu 1 Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 1 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  OKT 2019
 Sisa Lalu 5 Perkara
 Masuk 30 Perkara
 Putus 37 Perkara
 Sisa Akhir -2 Perkara
 Detail Keadaan Perkara

 TAUTAN PERADILAN
 APLIKASI M.A.R.I
 STATISTIK PENGUNJUNG
  Hari Ini :   7,419 Orang
  Kemarin :   6,592 Orang
  Bulan Ini :   117,499 Orang
  Tahun Ini :   234,864 Orang
  Total :   236,231 Orang
 INFORMASI PENGUNJUNG
  IP Address :   100.24.122.228
  Sistem Operasi :   Unknown Platform
  Browser :  
 Situs Pengadilan Negeri Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Medan