Pertama di Indonesia! Eks Ketua KY dan Komisioner Jalani Sidang Etik, Selamat Datang Di Situs  Pengadilan Tinggi Medan
  INFORMASI >> 
 Untuk Melihat Keadaan Perkara Pengadilan Tinggi Medan Dapat Melalui Aplikasi SIPERKA          Selamat Datang Di Website Pengadilan Tinggi Medan          Selamat Kepada Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Medan Telah Meraih Akreditasi A Excelent dari Dirjen Badilum          Diinformasikan Sipp Banding Versi 3.2.0 Yang Resmi Diluncurkan Oleh Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 22 April 2019 disediakan layanan untuk Masyarakat agar dapat Melihat Perkara Bandingnya Melalui Alamat: https://banding.mahkamahagung.go.id          Acara Program Mentoring Berbasis Resiko (PROMENSISKO) oleh PPATK Deputi Bidang Pemberantasan          E-Penahanan adalah Inovasi Pengadilan Tinggi Medan Terbaru Yang Melibat 4 Instansi diwilayah Sumatera Utara (http://e-penahanan.pt-medan.go.id)          KPT hadiri Bimbingan dan Arahan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi          MOTTO PENGADILAN : "UNANG MARGABUS" UNggul, ANGgun, Melayani, Aman, Rapi, GAya, BUdaya, Syukur          Pembinaan Pelaksanaan Zona Integritas oleh Ketua RB MARI          Koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS)          Selamat Datang Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)          MA Umumkan Seleksi Penerimaan CPNS 2019          Verifikasi Fisik Pelamar CPNS Formasi Disabilitas        
Pertama di Indonesia! Eks Ketua KY dan Komisioner Jalani Sidang Etik
Oct 19
15
 Jansen Terkelin   Artikel Hukum   35 kali dikunjungi
Pertama di Indonesia! Eks Ketua KY dan Komisioner Jalani Sidang Etik

Jakarta - Komisi Yudisial (KY) dibentuk untuk mengawasi etika hakim. Namun kini, dua komisioner KY malah harus menghadapi sidang etik dan diadili oleh koleganya sendiri. Dua komisioner itu adalah Aidul Fitria Azhari dan Sumartoyo. Aidul adalah Ketua KY 2015-2018.

"Ya benar," kata komisioner KY, Maradaman Harahap saat dikonformasi detikcom, Selasa (15/10/2019).

Pembentukan Dewan Etik itu atas laporan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Peradilan meminta Aidul Fitriciada Azhari mundur. Aidul dinilai telah melanggar etik, yaitu mendaftar hakim konstitusi, padahal masa jabatan baru habis 2020.

Adapun komisioner Sumartoyo diminta mundur karena dinilai main mata dalam kasus Cipaganti Group.

"Atas laporan beberapa LSM. Dugaan, sekali lagi dugaan pelanggaran etik oleh komisioner KY," ujar Maradaman.

Maradaman menegaskan berkali-kali bahwa sidang etik itu masih dugaan. Dewan Etik juga melibatkan tokoh dari eksternal untuk mengadili dugaan pelanggaran etik itu.

"Tapi belum tentu benar laporan tersebut, sedang dalam proses. Dewan Kehormatan sudah beberapa kali rapat/pertemuan tapi belum bisa mengambil kesimpulan," pungkas Maradaman.

Sumartoyo saat dikonfirmasi hal itu tidak mempermasalahkan atas apa yang sedang ia alami. Malah ia bersyukur dengan proses tersebut agar semuanya terbuka.

"Saya senang ada proses pemeriksaan etik via Dewan Kehormatan Etik KY terhadap diri saya dan Pak Aidul. Agar jika ada pelanggaran etik dapat dibuktikan dengan fair. Dan sebaliknya jika ada fitnah akan ketahuan dari mana sumber fitnahnya begitu," kata Sumartoyo.

detikcom sudah mencoba mengkonfirmasi kepada Aidul tetapi belum mendapatkan jawaban.(http://news.detik.com/berita/d-4746496/pertama-di-indonesia-eks-ketua-ky-dan-komisioner-jalani-sidang-etik)


 Lampiran File
maraden1
sumartoyo1
 PENCARIAN DATA WEBSITE
KEADAAN PERKARA PERDATA
BULAN NOP 2019
 Sisa Lalu 148 Perkara
 Masuk 48 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 196 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  NOP 2019
 Sisa Lalu 105 Perkara
 Masuk 913 Perkara
 Putus 732 Perkara
 Sisa Akhir 286 Perkara
KEADAAN PERKARA PIDANA
BULAN NOP 2019
 Sisa Lalu 220 Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 220 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  NOP 2019
 Sisa Lalu 170 Perkara
 Masuk 2361 Perkara
 Putus 1978 Perkara
 Sisa Akhir 553 Perkara
KEADAAAN PERKARA TIPIKOR
BULAN NOP 2019
 Sisa Lalu 4 Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 4 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  NOP 2019
 Sisa Lalu 5 Perkara
 Masuk 42 Perkara
 Putus 38 Perkara
 Sisa Akhir 9 Perkara
 Detail Keadaan Perkara

 TAUTAN PERADILAN
 APLIKASI M.A.R.I
 STATISTIK PENGUNJUNG
  Hari Ini :   12,526 Orang
  Kemarin :   798 Orang
  Bulan Ini :   43,545 Orang
  Tahun Ini :   319,077 Orang
  Total :   320,444 Orang
 INFORMASI PENGUNJUNG
  IP Address :   3.93.75.242
  Sistem Operasi :   Unknown Platform
  Browser :  
 Situs Pengadilan Negeri Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Medan