Presiden RI  Hadiri Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2020, Selamat Datang Di Situs  Pengadilan Tinggi Medan
  INFORMASI >> 
 Untuk Melihat Keadaan Perkara Pengadilan Tinggi Medan Dapat Melalui Aplikasi SIPERKA          Selamat Datang Di Website Pengadilan Tinggi Medan          Selamat Kepada Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Medan Telah Meraih Akreditasi A Excelent dari Dirjen Badilum          Diinformasikan Sipp Banding Versi 3.2.0 Yang Resmi Diluncurkan Oleh Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 22 April 2019 disediakan layanan untuk Masyarakat agar dapat Melihat Perkara Bandingnya Melalui Alamat: https://banding.mahkamahagung.go.id          E-Penahanan adalah Inovasi Pengadilan Tinggi Medan Terbaru Yang Melibat 4 Instansi diwilayah Sumatera Utara (http://e-penahanan.pt-medan.go.id)          MOTTO PENGADILAN : "UNANG MARGABUS" UNggul, ANGgun, Melayani, Aman, Rapi, GAya, BUdaya, Syukur          Selamat Datang Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)          MA Umumkan Seleksi Penerimaan CPNS 2019          Verifikasi Fisik Pelamar CPNS Formasi Disabilitas          Mahkamah Agung Buka Lowongan 2.104 CPNS, Ini Formasinya          PT MEDAN MERAIH PREDIKAT WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK)          Seleksi Calon Anggota Komisi Yudisial Tahun 2020          PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON HAKIM AD HOC PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI TAHAP XIV          PEMILIHAN KEMBALI LOKASI UJIAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG RI FORMASI TAHUN 2019          LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN ANGGARAN TAHUN ANGGARAN 2021          PENGUMUMAN TENTANG PERINTAH MELAKSANAKAN TUGAS BAGI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG RI FORMASI TAHUN 2019          Pelaksanaan Ujian Tertulis Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Tahap XV Tahun 2021 Wilayah Sumatera Utara        
Presiden RI Hadiri Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2020
Feb 21
18
 Desita R. A Sitorus, Sh.   Berita   121 kali dikunjungi
Presiden RI  Hadiri Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2020

Medan : Rabu, (17/2/2020) Telah diselenggarakan Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI tahun 2020 yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI Bapak Dr. H. M. Syarifuddin,SH.,MH dilakukan secara Virtual dengan mengundang seluruh satuan kerja peradilan di seluruh Indonesia.

Turut Hadir juga dalam Acara Laporan Tahunan ini, Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo, Wakil Presiden Bapak Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin dan para Pimpinan Lembaga Negara, para Ketua Mahkamah Agung Negara-negara Sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Jaksa Agung, Kapolri, hingga para Pejabat Tinggi lainnya.

Presiden melihat Mahkamah Agung telah mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui penanganan perkara elektronik secara optimal.

LaporanTahunan Mahkamah Agung Tahun 2020 mengusung tema " Optimalisasi Peradilan Modern Berkelanjutan ". Tema tersebut mengisyaratkan bahwa konsep peradilan modern tidak cukup hanya dengan menyiapkan regulasi dan membangun perangkat-perangkat teknologi melainkan harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan para pencari keadilan.

Tujuan utama dibangunnya sistem peradilan modern adalah untuk mempercepat proses penyelesaian perkara dan memberikan kemudahan bagi para pencari keadilan dalam menyelesaikan perkaranya.

Acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan Himne Mahkamah Agung kemudian dilanjutkan pidato Ketua Mahkamah Agung dalam rangka penyampaian Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2020 dengan memaparkan capaian-capaian Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya dalam dua bagian, yaitu capaian di bidang teknis yudisial dan capaian di bidang kesekretariatan.

Dalam Pidato tersebut Ketua Mahkamah Agung secara garis besar menyampaikan capaian-capaian Kinerja Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya tahun 2020 baik capaian di bidang teknis yudisial maupun capaian di bidang kesekretariatan.

Di bidang teknis yudisial Mahkamah Agung telah menerbitkan beberapa regulasi sebagai berikut :

1. Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemidanaan Pasal 2 dan Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

2.Perma Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Pengadilan.

3. Perma Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemberian tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di Bawahnya.

4. Perma Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik.

5. Perma Nomor 5 Tahun 2020 sebagaimana diubah dengan Perma Nomor 6 Tahun 2020 tentang Protokol Persidangan dan Keamanan dalam Lingkungan Pengadilan.

Di bidang kesekretariatan Ketua Mahkamah Agung RI pada pokoknya menguraikan informasi tentang :

1. Realisasi Anggaran dan Capaian Kinerja Pengelolaan Keuangan.

2. Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

3. Capaian Bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia.

Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa kinerja penanganan perkara pada Mahkamah Agung tahun 2020 telah berhasil melampaui target yang ditetapkan dan berhasil mencatatkan rekor baru sebagai yang yang terbaik sepanjang sejarah Mahkamah Agung.

Mahkamah Agung juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas prestasi dalam pelaksanaan Diklat Aparatur terbanyak secara daring sepanjang tahun 2020, yaitu dengan jumlah peserta terbanyak sebanyak 16.963 orang melalui 269 jenis pelatihan yang dilakukan oleh Pusdiklat Manajemen dan kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung.

Atas capaian-capaian kinerja tersebut Ketua Mahkamah Agung RI, Dr. H. M. Syarifuddin,SH.,MH mendapatkan anugerah sebagai Pemimpin Perubahan Tahun 2020.

Ketua Mahkamah Agung juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Mahkamah Agung Negara-Negara Sahabat, Perwakilan Negara Sahabat, Lembaga-Lembaga Negara, Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan Lembaga Pendidikan lainnya, Mitra Perbankan, Taspen, Lembaga-Lembaga yang menjadi mitra Mahkamah Agung, baik yang dari dalam negeri maupun yang dari luar negeri, Media Massa, Organisasi kemasyarakatan, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi-organisasi Advokat, pihak swasta dan semua pihak yang telah berkontribusi sesuai dengan peran masing-masing dalam mendukung upaya mewujudkan Peradilan Indonesia Yang Agung dan Modern.

Secara khusus Ketua Mahkamah Agung RI juga menyampaikan terima kasih kepada Para Pimpinan Mahkamah Agung, Para Hakim Agung dan Hakim Ad-Hoc pada Mahkamah Agung, Panitera dan Sekretaris Mahkamah Agung, Para Direktur Jenderal dari 4 (empat) Lingkungan Peradilan dan Para Kepala Badan pada Mahkamah Agung, beserta seluruh jajaran Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya atas kerja keras dan pengabdian tulus dalam melaksanakan tugas peradilan sehingga mampu meraih capaian-capaian Kinerja Mahkamah Agung yang sangat membanggakan.


 Lampiran File
img.2021.2.17.jpg
img.17.2.2021.jpg
c5ba78a6-cc14-407b-b7c2-e2004d4d5e52.jpg
img..17.2.2021.jpg
 PENCARIAN DATA WEBSITE
KEADAAN PERKARA PERDATA
BULAN MEI 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 0 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  MEI 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 315 Perkara
 Putus 280 Perkara
 Sisa Akhir 35 Perkara
KEADAAN PERKARA PIDANA
BULAN MEI 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 0 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  MEI 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 858 Perkara
 Putus 829 Perkara
 Sisa Akhir 29 Perkara
KEADAAAN PERKARA TIPIKOR
BULAN MEI 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 0 Perkara
 Putus 0 Perkara
 Sisa Akhir 0 Perkara
REKAPITULASI PERKARA
BULAN JAN S.D  MEI 2021
 Sisa Lalu - Perkara
 Masuk 18 Perkara
 Putus 13 Perkara
 Sisa Akhir 5 Perkara
 Detail Keadaan Perkara

 TAUTAN PERADILAN
 APLIKASI M.A.R.I
 STATISTIK PENGUNJUNG
  Hari Ini :   33,834 Orang
  Kemarin :   2,134 Orang
  Bulan Ini :   76,332 Orang
  Tahun Ini :   277,286 Orang
  Total :   1,213,179 Orang
 INFORMASI PENGUNJUNG
  IP Address :   3.226.72.118
  Sistem Operasi :   Unknown Platform
  Browser :  
 Situs Pengadilan Negeri Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Medan
Expor, impor, Community IT. Consultant, Software Development